8 Langkah Memulai Bisnis Startup

7 Langkah Memulai Bisnis Startup Yang Harus di Ketahui
Tips Memulai Bisnis Startup
Memulai Bisnis StartUp tidaklah mudah, apalagi kita sebagai pemulai yang ingin terjun kedalam dunia bisnis. Terkadang ada banyak faktor yang mejadi kendala bagi kita. Salah satunya adalah sulit menemukan Ide Bisnis. Faktor lainnya adalah kekurangan modal untuk membangun bisnis tersebut. Ada banyak pembisnis yang gagal dan berhenti ditengah jalan karena tidak mengetahui basic bisnis tersebut. Namun, bagi anda semua yang ingin membangun bisnis startup, maka dibawah ini telah saya uraikan sedemikian rupa tentang langkah untuk memulai bisnis startup yang baik.

Namun, sebelum kita lanjut kepembahasannya, ada baiknya juga kita mengetahui terlebih dahulu apa itu startup ?

StartUp adalah proses untuk memulai suatu usaha ataupun menjalankan ide yang telah kita dapatkan, baik itu dalam dunia bisnis maupun lainnya. Istilah Startup tersebut menjadi populer saat berkembangnya dunia internet sebagai media untuk menjalankan bisnis online.

Dalam membangun bisnis startup, tentunya anda harus menyiapkan beberapa hal, seperti : Modal, Mental, Waktu dan keahlian yang bagus agar anda dapat mengelola bisnis tersebut dan dapat berjalan dengan semestinya. Namun, jika anda hanya ingin mendapatkan hasil dari usaha starup tersebut tanpa melibatkan diri dalam prosesnya, maka anda bukan pembisnis melainkan sebagai investor yang berinvestasi pada bisnis tersebut.

#8 Langkah Memulai Bisnis StartUp Yang Harus di Ketahui


Nah, bagi anda semuai yang ingin membangun bisnis, dan sudah paham dengan sedikit penjelasan diatas, maka sekarang kita akan melihat apa saja sih langkah-langkah memulai bisnis startup tersebut. Berikut adalah 8 langkah memulai startup bisnis yang patut anda ketahui sebelum menjalankan bisnis tersebut.

1. Tekad kan Niat Anda Untuk Memulai


Yang pertama sekali adalah adanya niat yang kuat untuk menjalankan bisnis tersebut. Kenapa demikian ? Ya, pada dasarnya, semua usaha itu diawalai dengan niat yang sungguh-sungguh agar nantinya anda dapat mengelola bisnis tersebut dengan baik tanpa menyerah. Dengan mempunyai niat untuk membangun bisnis, maka setiap usaha yang kita lakukan nantinya, pasti akan terasa lebih mudah tanpa mengenal waktu untuk mengembangkan bisnis tersebut menjadi berkembang dan sukses.

2. Tentukan Tujuan Anda Berbisnis


Langkah selanjutnya untuk memulai bisnis startup yang baik adalah dengan menentukan tujuan anda membangun bisnis tersebut dengan jelas. Jika membangun bisnis hanya bertujuan untuk mendapatkan uang semata, maka anda salah total. Dalam membangun bisnis tersebut, tujuan anda harus benar-benar jelas, mulai dari menentukan target pasar, jangkauan pemasaran dan lain sebagainya. Tujuan dalam suatu bisnis akan sangat berfungsi jika suatu saat anda menemukan rintangan pada bisnis yang sedang anda kelola, maka ingatlah tujuan pertama anda berbisnis.

3. Tentukan Ide Bisnis Anda


Poin utama untuk memulai bisnis adalah dengan menentukan ide bisnis yang tepat. Ide bisnis yang tepat akan berdampak bagus pada bisnis anda tersebut. Jadi, pergilah keluar dan lihatlah berapa banyak ide yang bisa anda dapatkan dilingkungan anda tersebut. Salah satu cara untuk mendapatkan ide bisnis adalah dengan riset pasar dan mencari tahu apa saja kebutuhan orang yang selalu dicari. Contohnya adalah, jika anda menyukai bagian teknologi, maka anda dapat memulai bisnis dengan menyediakan solusi atas masalah teknologi yang sering terjadi dilingkungan anda tersebut.

4. Tentukan Perencanaan Yang Matang


Perencanaan yang bagus nantinya akan sangat bermanfaat terhadap bisnis yang akan dibangun. Sebelum anda memulai membangun bisnis startup, maka tentukan terlebih dahulu perencanaan. Perencanaan tersebut mencakup berbagai aspek, salah satunya adalah perencanaan bagaimana anda memasarkan produk ataupun jasa yang anda tawarkan tersebut dan lain sebagainya.

5. Kumpulkan Team Yang Solid


Agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan lancar, maka sangatlah diperlukan team bekerja. Jika anda ingin memulai bisns hanya seorang diri, maka akan sangat sulit untuk membuat bisnis tersebut dapat berkembang. Beda lagi dengan kerja sama team, masing-masing orang memiliki bagian sendiri, misalnya, bagian keuangan, bagian marketing dan bagia-bagian penting dalam suatu bisnis. Dengan demikian, maka bisnis yang kita bagun akan dapat kita kelola dengan baik dan efesien.

6. Riset Pasar


Riset pasar sangat bermanfaat bagi suatu bisnis. Dengan melakukan riset pasar, maka kita akan dapat mengetahui apa saja yang dibutuhkan masyarakat. Dengan demikian, kita dapat menyediakan solusi bagi kebutuhan mereka, seperti produk maupun layanan. Dan yang terpenting adalah bisnis kita tersebut akan selalu diminati banyak orng dari semua kalangan.

7. Promosikan Bisnis Anda Tersebut


Poin penting lainnya dalam membangun bisnis adalah dengan melakukan promosi, baik itu secara online maupun offline. Dengan melakukan promosi yang tepat, maka produk ataupun jasa yang kita tawarkan akan semakin mudah dikenal dan dapat menjangkau banyak orang. Semakin banyak orang yang menjangkau bisnis kita tersebut, maka semakin besar pula peluang sukses terhadap bisnis yang sedang kita jalani/

8. Selalu Konsisten Terhadap Bisnis Yang Sedang di Kembangkan


Konsisten dalam membangun dan mengelola suatu bisnis menjadi salah satu kunci sukses terhadap bisnis tersebut. Dengan usaha yang sungguh-sunguh untuk mengembangkan bisnis, maka kedepannya usaha tersebut dapat berkembang dengan baik. Jika anda mengalami kegagalan saat memulai bisnis, maka jadikan kegagalan tersebut sebagai pengalaman bagi anda. Selanjutnya, anda dapat berinovasi apa saja yang membuat bisnis anda tidak berkembang dari kegagalan tersebut.

Nah itulah 8 Langkah Memulai Bisnis Startup Yang Harus Anda Ketahui sebelum menjalankan suatu bisnis. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan menambahkan wawasan kita semuanya. Jika ada yang kurang jelas, maka silahkan ditanyakan pada kolom komentar yang tersedia dibawah.
Bagikan ke social media

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Kualitas dari hidup anda adalah kualitas dari komunikasi anda.

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar