Penjelasan dan Tips Memilih Bisnis MLM Yang Aman

Penjelasan dan Tips Memilih Bisnis MLM Yang Aman
Bisnis MLM
Pernah Mendengar Belum Apa itu Bisnis MLM ? Bisnis MLM mulai terkenal di Indonesia sejak tahun 2000 sekian. Saat itu ada banyak bisnis yang menjual berbagai jenis produk yang mengadopsi sistem berjenjang ini di Indonesia. Mulai dari produk kosmetik, Obat Kecantikan, Fashion dan sebagainya.

Lalu  apa itu yang dimaksud bisnis MLM serta bagaimana perkembangan bisnis MLM tersebut di Indonesia? Silahkan simak sedikit ulasan dibawah ini.

#Apa Itu Bisnis MLM ?


Bisnis Multi Level Marketing ataupun MLM adalah salah satu strategi marketing di mana tenaga penjual tidak hanya mendapatkan kompensasi atas penjualan yang mereka lakukan, tetapi juga atas hasil penjualan sales lain yang telah mereka rekrut.

Ada beberapa istilah yang sering juga digunakan untuk bisnis Multi Level Marketing ini, diantaranya adalah; penjualan piramida, pemasaran jaringan, dan pemasaran berantai. Biasanya para pebisnis MLM tersebut menjual produk mereka secara langsung kepada konsumen. Para konsumen ini sebagian besar merupakan orang terdekat mereka.

Baca Juga : Fakta Tentang Bisnis Online Yang Belum di Ketahui Banyak Orang

Dalam menjalankan bisnis MLM ini, ada yang namanya up line dan down line. Jadi, untuk mengembangkan bisnis ini, kita juga harus mengajak orang untuk bergabung dengan kita. Semakin besar bentuk jaringan yang kita buat, maka semakin besar pula potensi keuntungan yang bisa kita dapatkan..

#Tips Memilih Bisnis MLM Yang Aman


Dalam menjalankan bisnis ini, kita harus berhati-hati dalam memilih karena saat ini banyak bisnis tipu-menipu yang mengatas namakan bisnis MLM, sistem yang berjalan juga tidak jelas dan hanya tipuan belaka. Nah, agar anda tidak sampai tertipu dengan bisnis yang seperti itu, maka berikut ada beberapa tips untuk memilih bisnis MLM yang aman. Silahkan simak dengan baik.

1. Bisnis MLM Harus Memiliki Dasar Hukum


Untuk memastikan keamanan dari suatu perusahaan MLM, pastikan bisnis tersebut memiliki badan hukum yang jelas. Di indonesia sendiri, perusaahaan yang menjalankan suatu bisnis, sangat wajib memiliki badan hukum. Apalagi jika bisnis yang mereka jalankan berskala besar.

Misalnya untuk perusahaan  yang berbadan hukum perseroan terbatas ataupun PT, maka perusahaan tersebut harus memiliki NPWP dan SIUPL. Hal ini bisa dilihat pada keterangan perusahaan mereka. Dengan adanya badan hukum yang jelas, dapat membuat konsumen yang memakai produk anda lebih aman.

2. Bisnis MLM Harus Terdaftar di APLI


APLI merupakan asosiasi penjual langsung yang terdapat di indonesia. Lembaga inilah yang menjadi wadah semua perusahaan MLM di indonesia. Di indonesia untuk masalah penjualan langsung, memang belum ada aturan hukum yang jelas. Oleh karena itu beberapa perusahaan mlm harus membentuk APLI, supaya ada kode etik dalam menjalankan bisnis ini.

Perusahaan yang akan mendaftar di APLI juga harus memenuhi beberapa persyaratan. Jadi untuk bisa terdaftar di APLI tidaklah mudah dan tentunya harus memenuhi semua pensyaratan terlebih dahulu. Dan perusahaan yang terdaftar di APLI tersebut sudah dipastikan keamanannya.

3. Distributor MLM Tersebut Memiliki Sistem Yang Bagus


Nah, untuk menjalankan bisnisnya, perusahaan MLM juga membutuhkan perusahaan distributor untuk mengirimkan semua produknya. Ketika sebuah perusahan MLM memiiliki distributor yang bagus dan baik, tentunya juga akan mempengaruhi kualitas perusahaan tersebut. Distributor disini berfungsi untuk mengirimkan barang sampai ke konsumen mereka.

Baca Juga : 5 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Jika terdapat kendala di distributor, maka barang tersebut tidak akan sampai di member mlm dan akhirnya sistem pemasarannya pun terhenti. Pastikan sistem yang mereka gunakan sudah teruji dan berkualitas dan tidak ada masalah didalamnya.

4. Harga Produk Yang Masuk Akal


Selain harus memiliki Distributor yang bagus, harga produk juga menjadi tips penting dalam memilih bisnis MLM. Pastikan mereka memiliki harga produk yang wajar, sehingga bisa diterima oleh semua masyarakat dan tidak hanya dibeli oleh golongan tertentu saja. Hal inilah yang akan memudahkan Anda dalam proses pemasaran. Pastikan produk tersebut juga dikenal oleh banyak orang.

Intinya, pilihlah bisnis Multi Level Marketing yang memberikan sistem pemasaran yang wajar dan masuk akal. Jangan pilih perusahaan yang menjanjikan banyak keuntungan tapi tanpa kerja keras atau tidak menjual produk. Sistem itu bisa dipastikan hanya tipuan belaka.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang Apa itu Bisnis MLM dan Bagaimana Cara Memilih Bisnis MLM yang aman. Semoga bisa menambahkan wawasan anda untuk berhati-hati dalam bergabung dengan jaringan MLM. Pastikan bisnis mlm tersebut miliki dasar hukum dan beberapa poin yang telah kita bahas diatas. 
Bagikan ke social media

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Kualitas dari hidup anda adalah kualitas dari komunikasi anda.

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar