Perbedaan Asuransi Syariah dengan Asuransi Konvensional

Perbedaan Asuransi Syariah dengan Asuransi Konvensional

Perbedaan asuransi syariah dengan asuransi konvensional pada saat ini menjadi perbinacangan hangat. Saat ini ada begitu banyak jenis dan manfaat yang di tawarkan oleh asuransi baik oleh asuransi syariah mapun asuransi konvensional, yang mana di setiap perusahaan asuransi memiliki beragam fitur dan keunggulan masing-masing dari produk yang di hasilkannya atau produk yang di keluarkannya. Dari hal tersebut sudah pasti membuat adanya perbedaan mendasar diantara kedua jenis asuransi ini.

Selama beberapa tahun terakhir ini Asuransi syariah menjadi salah satu produk asuransi yang banyak dibicarakan oleh kalangan masyarakat. Asuransi syariah ini hadir untuk memenuhi kepentingan dan keinginan banyak orang yang mengharapkan adanya sebuah produk asuransi yang berdasarkan atas asas dan hukum islam, perbedaan asuransi syariah dengan asuransi konvensional sebenarnya dari asas hukum nya saja sudah terlihat berbeda   maka sudah barang tentu pasti produk dan fitur yang dihasilkan juga akan berbeda. Selain itu masih ada banyak juga perbedaan yang terdapat dalam kedua asuransi ini. Dalam perkembanganya juga asuransi syariah ini memiliki keunggulan dan kelebihan jika di bandingkan dengan asuransi konvensional. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan antara kedua asuransi ini akan dibahas sebagai berikut.

8 Perbedaan Asuransi Syariah dengan Asuransi Konvensional 

          Asuransi syariah  secara teoritis masih menginduk pada kajian ekonomi islam secara umum. Oleh karena itu, asuransi syariah diharuskan patuh pada asas-asas atau aturan-aturan yang sesuai dengan hukum islam. Nah, dari situlah yang kemudian membentuk karakteristik asuransi syariah yang secara teoritis dan menimbulkan adanya beberapa perbedaan dengan asuransi konvensional. Adapun perbedaan asuransi syariah dengan asuransi konvensional yaitu sebagai berikut:
  1. Asuransi syariah memiliki DPS (Dewan Pengawas Syariah), sedangkan dalam asuransi konvensional tidak ada Dewan Pengawas Syariah.
  2. Akad dalam asuransi syariah adalah akad Tabbaru’ (hibbah), sedangkan akad yang ada dalam asuransi konvensional lebih mirip seperti akad dalam berjual beli.
  3. Investasi dana pada asuransi syariah berdasarkan bagi hasil atau mudharabah, bersih dari gharar, maysir dan riba’. Sedangkan investasi yang ada pada asuransi konvensional adanya sistem bunga atau riba sebagai landasan perhitugan investasi.
  4. Kepemilikan dana pada asuransi syariah berdasarkan hak peserta, karena perusahaan hanya sebagai pengelola pemegang amanah secara syariah. Adapun dana yang terkumpul pada asuransi konvensional menjadi milik perusahaan dan perusahaan bebas menetukan alokasi investasinya.
  5. Pembayaran klaim asuransi syariah diambil dari dana Tabbaru, sedangkan pembayaran klaim pada konvensional diambil dari rekening dana perusahaan.
  6. Pembagian keuntungan pada asuransi syariah dibagi antara perusahaan dengan  peserta asuransi sesuai prinsip bagi hasil dengan proporsi yang telah di tentukan, sedangkan dalam asuransi konvensional seluruh keuntungan menjadi hak milik bagi perusahaan.
  7. Dalam asuransi syariah menggunakan sistem sharing of risk yaitu resiko dibebankan dan dibagi kepada kedua belah pihak. Tetapi sistem transfer of risk yaitu resiko dipindahkan atau dibebankan oleh peserta ke  pada perusahaan asuransi konvensional.
  8. Adanya kewajiban membayar zakat dalam asuransi syariah, Tetapi dalam konvensional tidak ada kewajiban. 
Baca Juga : Asuransi Kesehatan Di Indonesia
Dari 8 perbedaan asuransi syariah dengan asuransi konvensional yang telah di jelaskan diatas maka setidaknya akan memberikan sedikit gambaran mengenai asuransi yang sekiranya akan cocok dengan pilihan anda, bijaklah dalam memilih asuransi yang akan anda pakai mana yang sekiranya menurut anda asuransi yang lebih baik untuk dijadikan sebagai pilihan.
Bagikan ke social media

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Kualitas dari hidup anda adalah kualitas dari komunikasi anda.

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar