Belajar Pengertian Dasar Manajemen Bisnis

Belajar Dasar Manajemen Bisnis Untuk Mengelola Bisnis
Dasar Manajemen Bisnis

Pemahaman dalam manajemen bisnis dalam membangun suatu bisnis harus dapat di ketahui oleh pembisnis. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk bisnis yang akan di kelola di masa yang akan datang. Proses umum dari banyaknya rangkaian kegiatan bisnis meliputi kegiatan rencana, arahan atau padangan bisnis serta organisasi dan pengawasan. Proses tersebut akan sangat berguna untuk menggapai tujuan yang efektif dan efisien dalam bisnis.

Agar bisnis berjalan dengan sesuai perencanaan dan dapat berjalan sesuai keinginan. Pembelajaran dalam suatu bisnis harus anda kuasai dan pahami yang melibatkan pemahaman manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), Manajemen Produksi, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Keuangan yang di iringi oleh informasi.

Saya akan menjelaskan untuk 5 dasar manajemen bisnis yang harus anda penuhi.


#1. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Dalam menjalankan suatu bisnis anda harus dapat memahami Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai langkah awal bisnis. Selain modal yang harus anda keluarkan berupa materi. Modal sumber daya manusia juga sangat penting dalam bisnis, hal ini akan sangat dibutuhkan untuk membangun sebagai pondasi dalam bisnis anda.

Dalam manajemen sumber daya manusia harus di rencanakan serta di iringi dengan pengelolaan yang baik. Anda juga bukan harus memenjuhi kuantitas dalam pengelolaan SDM, bukan hanya itu saja anda juga harus mempertimbangkan kualitas dari SDM. Dalam menjalankan suatu bisnis ada 3 bagian untuk mengelola SDM.
Personalia, Human Resource Development (HRD) dan Human Resource Manajemen (HRM)
#Personalia

Berperan aktif dalam menjalankan sesuatu yang bersifat administratif (hubungan employer dan employee)

#Human Resource Development (HRD)

Berperan aktif dalam merencanakan strategis tenaga kerja.

#Human Resource Manajemen (HRM)

Berperan aktif dalam perencanaan, organisasi dan pengendalian dalam SDM.

#2. Manajemen Produksi Dalam Bisnis

Dasar manajemen produksi juga tidak kalah penting. Produk merupakan output/keluaran dari suatu perusahaan atau bisnis yang melibatkan kepuasan konsumen, baik dalam bentuk barang maupun jasa.

Bisnis yang didirikan tanpa adanya pengetahuan tentang nilai produksi dapat berakibat pada kerugian secara materi dalam jumlah besar. Jika output yang dihasilkan ternyata tidak memiliki nilai jual, ini justru berakibat pada runtuhnya bisnis lebih awal seperti yang sudah banyak terjadi di masyarakat kita.
Manajamen produksi direncanakan, dikelola dan dikendalika atas dasar sudut pandang keinginan dan kepuasan konsumen. Dalam hal ini, perlu adanya survei pendahuluan dengan membagikan kuesioner untuk melihat daya tarik masyarakat.

#3. Manajemen Pemasaran Dalam Bisnis

Pemasaran ialah suatu kegiatan yang dapat menciptkan suatu nilai ekonomi untuk barang serta jasa. Manajemen pemasaran dapat juga diartikan sebagai suatu metode cara untuk sebuah perencanaan suatu produk atau jasa agar dapat diterima oleh masyarakat.  Dasar manajemen ini berperan dalam mengenalkan perusahaan atau bisnis ke masyarakat. Keberhasilan suatu bisnis tidak terlepas dari seberapa penting bisnis tersebut dibutuhkan oleh orang lain. Semakin banyak peminat maka semakin tinggi bisnis berkembang.

Beberapa komponen yang termasuk dalam dasar manajemen pemasaran mencakup; penggalian informasi terhadap pasar secara potensial maupun aktual, merancang program pemasaran dan mengevaluasi program pemasaran perusahaan.

#4. Manajemen Keuangan Dalam Mengelola Bisnis

Baca Juga : 5 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Secara singkat, manajemen keuangan adalah bagaimana cara memperoleh dan bagaimana menggunakan uang perusahaan. Manajemen keuangan berkaitan dengan proses keluar masuknya uang baik dan investasi, dana produksi dan sumber dana lain. Bisnis yang baru berkembang harus memiliki manajemen keuangan yang baik, karena jika dana perusahaan tidak dikelola sesuai dengan tujuan bisa berakibat pada inflasi dalam perusahaan, dimana laju pengeluaran lebih tinggi daripada pemasukan.

Bagian manajemen keuangan setidaknya mempelajari secara detail bagaimana suatu dana bisa didapatkan, digunakan dan dikembalikan.

#5. Manajemen Bagian Informasi

Manajemen informasi dalam hal ini merupakan kegiatan untuk memastikan bahwa bisnis yang sedang dikembangkan dapat dijalankan dan masih bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Manajemen informasi sangat krusial disaat bisnis sedang mengalami masa sulit diawal perkembangannya dan di tengah kemampuan komputer yang semakin berkembang. Jika bisnis kekurangan sumber informasi dapat berakibat pada ketidakmampuan mengendalikan sumber daya sehingga berpengaruh terhadap pengambilan keputusan baik untuk jangka pendek maupun panjang.

Baca Juga 3 Ide Usaha Kreatif Tahun Ini Yang Patut di Coba

Manajemen informasi yang baik adalah yang mampu memberikan sumber informasi yang mendukung bisnis untuk berkembang, seperti informasi terkait pesaing atau kompetitor.
Bagikan ke social media

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Kualitas dari hidup anda adalah kualitas dari komunikasi anda.

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar