Kelebihan dan Kekurang Bisnis Waralaba Yang Wajib DIketahui

Kelebihan dan Kekurang Bisnis Waralaba Yang Wajib DIketahui
Waralaba
Sudah tau belum dengan yang namanya Bisnis Waralaba ? , Bisnis Waralaba ataupun dalam bahasa inggris Franchise adalah hak-hak untuk menjual suatu produk maupun layanan. Untuk lebih lengkapnya, Warabala adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Apakah saat ini Anda tertarik untuk menjalnkan bisnis dengan sistem franchise atau waralaba tersebut? Namun, sebelum anda memutuskan untuk terjun ke bisnis waralaba, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangan bisnis waralaba itu.

Baca Juga : Penjelasan dan Tips Memilih Bisnis MLM Yang Baik

Banyak orang yang memulai bisnis dan juga memilih usaha waralaba ketimbang membangun bisnis sendiri dari nol tanpa mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Memang hal itu hak masing-masing orang, namun akan lebih baik lagi jila kita mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian menjalankan usaha waralaba tersebut.

#Kelebihan Bisnis Waralaba


Nah, berikut adalah beberapa kelebihan yang terdaoat pada bisnis waralaba. Silahkan simak dengan sesama.

1. Sudah Tebangun Dalam Manajemen Bisnis


Bisis waralaba yang punya reputasi baik biasanya telah memiliki manajemen bisnis yang bisa memberikan suatu keuntungan kepada para mitranya. Ide bisnis, dan nama brand, serta sistem manajemen bisnis waralaba tersebut sudah teruji dan tinggal diimplementasikan pada lokasi terbaru.

2. Brand sudah dikenali masyarakat


Brand yang sudah dikenal masyarakat maupun khalayak banyak akan membuat proses pemasaran bisnis waralaba menjadi lebih mudah serta bisa menjangkau banyak calon pelanggan, apalagi bila produk yang dijual merupakan produk yang dibutuhkan dan disukai oleh masyarakat pada umunya.

Baca Juga : Tips Sukses Menjalani Bisnis Dropshipping

Hal ini pastinya akan lebih memudah bagi kita untuk memasarkan produk ke masyarakat, sehingga biaya dan tenaga yang dikeluarkan untuk membangun reputasi bisnis tidak sebesar ketika kita ingin membangun bisnis dari nol.

3. Mempermudah manajemen finansial


Kebanyakan investor cendrung lebih suka memberikan modal kepada suatu usaha yang terbukti kokoh dari segi finansial maupun jaringan pemasaran. Dengan bergabung pada usaha waralaba  juga dapat memberikan keuntungan karena sistem manajemen finansial telah ditetapkan oleh pewaralaba. Para mitra waralaba tidak perlu pusing lagi mengenai tersebut, seperti halnya  yang terjadi pada bisnis yang baru dimulai.

4. Keuntungan Lebih Besar


Jika dibilang usaha waralaba dapat menguntungkan, maka tentu saja benar. Namun jika kita berpikir bahwa keuntungan yang didapat dari bisnis waralaba ini akan lebih besar bila brand waralabanya terkenal, namu hal ini belum tentu benar. Dengan sistem waralaba biasanya ada potongan fee, dimana keuntungan yang didapat oleh mitra sebagian kecil akan menjadi hak si pemilik waralaba tersebut

#Kekurangan Bisnis Waralaba.


Nah, jika tadi kita sudah melihat beberapa kelebihan yang terdapat pada bisnis waralaba, sekarang kita akan membahas juga kekurangan dari bisnis waralaba ini. Berikut adalah beberapa kekurang pada bisnis waralaba tersebut.

1. Mitra waralaba Tidak Memiliki Kendali Penuh


Mitra waralaba biasanya tidak punya kendali penuh pada bisnis waralaba yang dia jalankan, karena semua sistem sudah ditentukan oleh si pemilik waralaba tesebut. Ketika mitra ingin melakukan inovasi maupun perubahan, hal tersebut tentuntunya terbentur dengan ketentuan dan pensyaratan yang sudah disepakati sejak awal. Dengan adanya hambatan ini, ide-ide yang kita miliki sebagai mitra waralaba tidak bisa diaplikasikan pada bisnis Anda.

2. Mitra Waralaba Terikat Dengan Satu pemasok


Biasanya para pengusaha akan mencari pemasok ataupun suppiler yang menawarkan harga relatif rendah. Hal tersebut tidak bisa anda lakukan bila anda sudah membeli usaha franchise. Bila pemilik waralaba tersebut telah menentukan supplier sejak awal, maka mitra waralaba tidak bisa membeli atau memilih supplier lain walaupun harga yang ditawarkan lebih murah.

3. Terpengaruh Dengan Reputasi Waralaba Lain


Ini merupakan salah satu kekurangan terbesar yang terdapat dari usaha waralaba. Ketika reputasi waralaba lain tercemar karena kesalahan mereka sendiri, maka bisnis anda tersebut juga akan ikut terimbas. Hal ini terkadang bisa terjadi penurunan omset yang sangat signifikan pada seluruh cabang waralaba, bila hal tersebut terjadi pada salah satu mitra.

4. Adanya biaya Fee


Hampir dari setiap usaha waralaba tersebut menerapkan sistem fee kepada mitra mereka. Pemiliki franchise akan mengajukan biaya awal untuk membeli waralaba milik mereka. Selain itu, biasanya ada juga biaya berkelanjutan yang dibebankan kepada para mitra mereka. Biaya tersebut biasanya untuk pelatihan dan dukungan kepada pembeli waralaba itu.

Nah, itulah sedikit pembahasan tentang Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Waralaba. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambahkan wawasan kita semua terhadap dunia bisnis. Jika ada pertanyaan seputar bisnis ini, silahkan ditanyakan pada kolom komentar dibawah. Terimakasi !
Bagikan ke social media

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Kualitas dari hidup anda adalah kualitas dari komunikasi anda.

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar