Pendidikan Startup Di Indonesia

Pendidikan Startup Di Indonesia
Startup Creation

Bisnis dalam bidang startup sudah sangat bertumbuh pesat di di Indonesia. Para pengembang dalam bidang startup sudah mengembangkan bisnis startup di beberapa wilayah Indonesia untuk di kembangkan lebih luas.

Salah satu contoh dalam bisnis startup yang akan saya bahas adalah satu contoh dalam bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan usaha ini sudah berkembang sangat pesat dan cepat di Indonesia. Dengan startup dalam bidang pendidikan diharapkan bisa menjadikan pendidikan di Indonesia dapat menjadikan Indonesia bersaing dengan negara asing lainnya. Mari kita bahas sebagai bisnis startup yang popular di Indonesia.

#1 Bisnis Startup Pendidikan Dengan Kategori Tutor

Dengan adanya tutor dalam bidang pendidikan dapat menghubungkan antara tutor (pengajar) dengan siswa. Selain menjalani hubungan antara tutor dengan siswa, startup yang mendapatkan sekitar 20 persen dari setiap melakukan transaksi dapat juga menyediakan pilihan yang lain seperti pre-school, sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah mengengah kejuruan/sekolah menengah atas.


Baca Juga : 8 Langkah Memulai Bisnis Startup

#2 Konsep Ruang Guru

Startup dalam bidang Ruang Guru sama seperti startup tutor dari pembahasan yang pertama. Ruang Guru juga menghadirkan sebagai tempat market place dalam bidang online yang bisa menghubungkan antara guru private dengan siwa/i di Indonesia. Ruang Guru juga mempunyai perbedaan yang signifikan dari tutor, siswa/i dapat memilih pembelajaran yang lebih beragam untuk dapat di pelajari.

#3 Pembelajaran Dari Zenius

Jika Anda kesulitan dalam mempelajari pelajaran tertentu, Zenius akan membuat belajar Anda lebih mudah dengan layanan video pembelajaran dan worksheet untuk murid. Platform online yang beralamat di www.zenius.net ini menyediakan puluhan ribu video pembelajaran yang bisa ditonton dan diakses dengan terlebih dahulu membeli voucher serta mengaktifkan akun premium.

#4 Startup Pendidikan Sukawu

startup pendidikan yang berusaha mengajak masyarakat Indonesia untuk memaksimalkan potensi diri. Platform edukasi ini memberikan akses dan inspirasi untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam hal pengembangan diri baik dari segi akademik, karir, hingga life skill.

#5 Platform Online Sibejoo

Baca Juga : 5 Strategi Pemasaran Yang Sangat Efektif

Platform online lain yang menyediakan konten video untuk media belajar dan latihan bagi siswa adalah Sibejoo.  Meskipun memiliki beberapa kesamaan dengan Zenius namun Sibejoo ini bersifat non-profit yang akan membuat penggunanya dapat mengakses video pembelajaran tanpa biaya atau gratis. Sampai saat ini Sibejoo sendiri sudah memiliki ribuan video pembelajaran yang kebanyakan merupakan mata pelajaran yang diujikan di Ujian Nasional di Indonesia seperti matematika, biologi dan kimia.

#6 Pembelajaran Dari Inibudi

Berikutnya, startup pendidikan yang terkenal di Indonesia dengan menghadirkan video dan konten pembelajaran adalah Inibudi. Portal online yang bisa dikases di www.inibudi.org ini juga bersifat non-profit yang sama dengan Sibejoo. Bedanya jika Sibejoo berfokus menyediakan konten pembelajaran pada mata pelajaran formal yang ada di Ujian Nasional, maka Inibudi memiliki isi yang jauh lebih beragam yaitu mulai dari pengetahuan umum hingga video mengenai profesi tertentu.

#7 Startup Bidang Klase

Terakhir, startup pendidikan ternama dan terpopuler di Indonesia adalah Kelase. Situs online yang beralamat www.kelase.com ini memiliki layanan bagi para pendidik untuk membuat kelas online-nya sendiri. Dengan adanya kelas online yang dibuat sendiri ini, mereka yang berada di dalamnya akan mampu membuat jejaring sosial tersendiri terutama untuk pendidik dan anak didiknya.

Baca juga : Menentukan Strategi Pemasaran Dengan Swot Analysis

Dari sini komunikasi yang terjadi dalam jejaring sosial di Kelase tentunya akan berkaitan dengan akademik. Di Kelase, para pendidik juga bisa menentukan jenis dan agenda kegiatan akademik pada fitur kalender, sehingga para peserta didik bisa memantaunya secara online.


Bagikan ke social media

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Kualitas dari hidup anda adalah kualitas dari komunikasi anda.

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar