5 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

5 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula
Bisnis Online
Memulai Bisnis Online merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Selain mudah dikerjakan, dengan menekuni bisnis online juga bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Namun, jika anda seorang pemula yang ingin membangun bisnis online, maka akan terasa sangat sulit, ditambah lagi tidak tahu harus memulai dari mana dan melakukan apa. Sebenarnya, jika anda googling, ada banyak sekali tutorial yang mengajarkan tentang bisnis online tersebut. Namun, anda juga harus paham jenis oline yang tepat sesuai dengan keahlian anda menjalankannya.

Selain itu, jika anda memang benar-benar ingin menekuni dalam dunia bisnis, maka anda juga harus mempersiapkan mental yang positif, diantaranya adalah :

  • Mau belajar dengan sungguh-sungguh
  • Mau berusaha keras
  • Tidak Putus Asa
  • Pintar Memanfaatkan Peluang
  • Berani Mengambil Resiko dan lain sebagainya..

Nah, beberapa poin diatas harus ada pada jati diri anda jika ingin menekuni suatu bisnis. Dengan adanya keyakinan dan tekat yang kuat untuk terus berusaha mengembangkan suatu bisnis, maka kedepanya anda juga akan merasakan hasilnya yang setara.

#Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula


Jika anda sudah paham dengan sedikit penjelasan diatas, dan benar-benar ingin menjalani bisnis online dengan tujuan bisa mendapatkan penghasilan sampingan yang banyak, maka dibawah ini ada beberapa untuk memulai bisnis online yang dapat anda coba.

1. Membangun Website / Blog


Salah satu langkah yang paling mudah untuk memulai bisnis online adalah dengan membuat blog ataupu website. Buatlah blog dengan topik tertentu sesuai dengan hobi dan kemampuan anda dan pastinya harus bermanfaat bagi para pembaca. Isilah berbagai artikel yang menarik pada website anda tersebut untuk mendapatkan banyak pembaca. Nantinya, pembaca tersebutlah yang akan menjadi Audiens anda. Anda bisa membuat blog dengan berbagai platform gratis yang tersedia, salah satunya adalah Blogger.com dan Wordpress.com , kedua website tersebut menyediakan layanan blog gratis bagi semua orang. Silahkan anda coba salah satunya yang mudah menurut anda.


Selanjutnya, jika pada blog anda tersebut sudah terdapat banyak pengunjung, maka nantinya anda bisa memonetisasi konten anda tersebut dengan Berbagai Iklan, salahkan satunya adalah menjadi publisher Google Adsense. Selain bisa memonetisasi konten anda dengan iklan, anda juga bisa membuka jasa content marketing untuk mereview produk orang pada blog anda tersebut, dan nantinya anda akan dibayar oleh pihak yang menyuruh membuat content marketing tersebut.

2. Membangun Toko Online / Online Shop


Memulai bisnis online dengan membangun toko online juga sangat banyak diminati oleh semua orang. Anda bisa membangun toko online dengan menggunakan platform Wordpress dan mengembangkan nya dengan baik. Jika anda seorang web development, maka membangun sebuah toko online bukan hal yang sulit buat anda. Biasanya, toko online ini digunakan untuk menjual berbagai produk secara online.

Namun, bagaimana jika anda tidak memiliki barang untuk dijual ditoko online anda ?
Tenang saja, anda juga bisa menjual beragam jenis produk orang lain di toko online anda dengan bergabung menjadi Dropshiper dari suplier besar. Nantinya, suplier ini akan mengirim barang untk kita jual ditoko online anda dan anda tidak perlu khawatir dengan stok barangnya, karena semuanya sudah diatur oleh suplier tersebut.

3. Menjual Berbagai Produk Digital


Nah, jika anda memiliki suatu keahlin, maka anda dapat memanfaatkan keahlian tersebut menjadi sebuah bisnis dengan cara menjual berbagai jenis produk digital seperti eBook, Video ataupun Membership. Contohnya adalah, jika anda mahir didunia bisnis online, maka anda bisa membuat eBook tentang tips menjalankan bisnis online beserta Video Tutorialnya dan kemudian menjualnya diberbagai forum bisnis online. Selain itu, anda juga bisa membuka les online dengan membangun program membership.


Produk digital yang seperti ini biasanya sangat laris di forum-forum tertentu. Silahkan bergabung diforum yang sesuai dengan produk digital anda agar bisa mendapatkan peminat yang banyak sekaligus melancarkan bisnis anda tersebut.

4. Menjadi Affiliate Marketer


Cara lainnya memulai bisnis online adalah dengan menjadi affiliate marketing ataupun mengikuti program afilias. Anda dapat memanfaatkan website ataupun blog yang sudah anda buat tadi dan menjadikan blog tersebut untuk menjual berbagai jenis barang melalui program afiliasi. 

Program afiliasi ini juga ada dua jenis, baik itu berupa produk digital seperti eBook, dan Video maupun produk fisik seperti pada umumnya. Untuk menjadi affiliate marketing, anda bisa bergabung dengn berbagai situs yang menyediakan program tersebut. Salah satunya adalah, Lazada, Tokopedia dan lain sebagainya.

5. Menjadi Penulis Artikel


Jika anda seorang yang suka menulis dan bisa mendapatkan ide-ide baru setiap harinya, maka anda dapat memanfaatkan hobi anda tersebut dan menawarkan jasa penulisan artikel ke berbagai situs web. Seperti yang kita tahu, di era digital ini sangat banyak orang mencari informasi di internet dan orang yang menyediakan solusinya juga sangat banyak dengan memanfaatkan blog maupun webiste. Dengan begitu, ada banyak website sekarang ini yang membutuhkan banyak penulis, baik itu web besar maupun web yang baru merintis. Kedua sama-sama membutuhkan penulis handal demi berkembangnya website mereka.


Selain itu, anda juga bisa bergabung diberbagai website lainnya yang terbuka untuk umum sebagai penulis. Salah satunya adalah UC We Media dan BaBe. Kedua situs tersebut terbuka untuk siapa saja yang mau menulis, dan jika artikel yang anda tulis menarik dan bagus, maka artikel anda akan ditayangkan di web mereka dan anda juga mendapatkan pembayarannya.

Nah, itulah 5 Cara Memulai Bisnis Online untuk pemula dan sangat mudah untuk dikerjakan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda semuanya dan menambahkan wawasan kita terhadap dunia bisnis online. Jika ada yang kurang paham silahkan ditanyakan dikolom komentar yang tersedia.
Bagikan ke social media

1 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Kualitas dari hidup anda adalah kualitas dari komunikasi anda.

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

Keren kita sama-sam bangun website, semoga makin maju.

Balas Hapus