Tata Kelola Perusahaan Yang Harus Di Terapkan

Saat ini penerapan Tata Kelola Perusahaan yang dalam bahasa inggris di artikan sebagai Corporate Governance terus Kami selaraskan dengan dinamika bisnis yang terjadi. Pengertian corporate governance adalah seperangkat peraturan yang mengatur hubungan antara pemegang saham, pengurus (pengelola) perusahaan, pihak kreditur, pemerintah,  karyawan,  masyarakat    serta  para  pemegang  kepentingan  intern dan  ekstern  lainnya  yang  berkaitan  dengan  hak-hak  dan  kewajiban  mereka, atau   dengan   kata   lain   suatu   sistem   yang   mengatur   dan   mengendalikan perusahaan.

Tata Kelola Perusahan Yang Harus Di Terapkan
Corporate Governance

LATAR BELAKANG GOOD CORPORATE GOVERNANCE


Perkembangan industri perbankan yang sangat pesat umumnya disertai dengan semakin kompleksnya kegiatan usaha bank yang mengakibatkan peningkatan eksposur risiko bank. Good Corporate Governance (GCG) pada industri perbankan menjadi lebih penting untuk saat ini dan di masa yang akan datang mengingat risiko dan tantangan yang dihadapi oleh industri perbankan akan semakin meningkat.

Dalam rangka meningkatkan kinerja bank, melindungi kepentingan stakeholders dan meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta nilai etika (code of conduct) yang berlaku secara umum dalam industri perbankan, bank wajib melaksanakan kegiatan usahanya dengan berpedoman pada prinsip-prinsip GCG. Pada gilirannya penerapan GCG akan makin memperkuat kondisi internal perbankan.
GCG mengarahkan bank pada upaya pencapaian profit dan sustainable secara seimbang. Sehingga pencapaian profit yang merupakan wujud pemenuhan kepentingan pemegang saham (shareholder) tidak dapat terlepas dari upaya pencapaian sustainable yang merupakan wujud pemenuhan kepentingan para pemangku kepentingan.

Beberapa permasalahan tata kelola bank yang tidak baik dan profesional akan sangat jelas terlihat dalam pengelolaan struktur organisasi bank yang secara umum dapat terlihat melalui tata kelola organisasi menurut sudut pandang para stakeholder. Sehingga apresiasi stakeholder pada Bank untuk menciptakan value creation sangat memerlukan suatu proses timbal balik diantara stakeholder secara baik dan profesional melalui suatu tata kelola bank yang baik dan profesional  dengan memiliki nilai-nilai transparansi (transparency), akuntabilitas (accountability), tanggung jawab (responsibility), mandiri/independensi (independency), dan kewajaran (fairness).

Tujuan dan Manfaat Good Corporate Governance


  • Untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan nilai perusahaan.
  • Untuk dapat mengelola sumber daya dan resiko secara lebih efektif dan efisien.
  • Untuk dapat meningkatkan disiplin dan tanggung jawab dari organ perusahaan demi menjaga kepentingan para shareholder dan stakeholder perusahaan.
  • Untuk meningkatkan kontribusi perusahaan (khusunya perusahaan-perusahaan pemerintah) terhadap perekonomian nasional.
  • Meningkatkan investasi nasional; dan
  • Mensukseskan program privat-isasi perusahaan-perusahaan pemerintah.


Prinsip-prinsip good corporate governance meliputi:


  • Transparansi (Transparency), yaitu keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan dan keterbukaan dalam mengemukakan informasi materiil dan relevan mengenai perusahaan.
  • Kemandirian (Independecy), yaitu suatu keadaan dimana perusahaan dikelola secara professional tanpa benturan kepentingan dan pengaruh atau tekanan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat.
  • Akuntabilitas (Accountability), yaitu kejelasan fungsi, pelaksanaan dan pertanggungjawaban organisasi sehingga pengelolaan perusahaan terlaksana secara efektif.
  • Pertanggungjawaban (Responsibility), yaitu kesesuaian di dalam pengelolaan perusahaan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat
  • Kewajaran (Fairness), yaitu keadilan dan kesetaraan di dalam memenuhi hak-hak stakeholders yang timbul berdasarkan perjanjian dan perundang-undangan yang berlaku.
Bagikan ke social media

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Kualitas dari hidup anda adalah kualitas dari komunikasi anda.

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar