8 Efek Mengonsumsi GulaTerlalu Banyak

8 Efek Mengonsumsi GulaTerlalu Banyak
8 Efek Mengonsumsi GulaTerlalu Banyak

Makanan manis? Siapa sih yang tidak suka. Kita semua pasti suka kan? Termasuk Anda. Makan makanan manis memang nikmat dan menyenangkan. Tapi jika berlebihan, itu juga tidak baik bagi kesehatan kita. Agar Anda yakin, ketahuilah efek mengonsumsi gula terlalu banyak berikut ini.

#Ingin terus-terusan makan

Hal ini pasti sering dialami banyak orang. Rasa  manis pada gula membuat seseorang merasa lapar terus-terusan. Akibatnya, makan terus-terusan. Walaupun tidak merasa lapar, tapi rasanya ingin selalu makan.

#Lemak di perut

Banyaknya konsumsi gula akan menghambat penguraian makanan pada tubuh kita. Alhasil lemak akan terhenti di perut. Dan tak heran jika perut kita menjadi buncit.

#Karies gigi

Karang gig bisa juga disebabkan oleh konsumsi gula yang berlebihan. Masalah gigi ini terjadi ketika bakteri yang hidup di mulut mencerna sisa karbohidrat dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Bakteri tersebut akan membusuk dan memproduksi asam yang dapat menghancurkan enamel/dentin gigi. Akibatya munul karang gigi atau karies gigi.

Baca Juga Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengkonsumsi Buah

#Kerusakan hati

Konsumsi gula yang berlebih dapat membuat hati kita rusak dan tidak sehat kembali. Agar hati Anda selalu sehat, kurangi konsumsi gula.

#Disfungsi metabolik

Penyakit seperti obesitas gula darah tinggi, penurunan HDL, peningkatan LDL dan tekanan darah tinggi bisa terjadi akibat mengonsumsi gula yang terlalu banyak. Hal ini dapat menyebabkan sindrom metabolik klasik.

#Merasa lemah dan lesu

Akbat dari mengonsumsi terlau banyak gula adalah udah lemah dan lesu. Perasaan malas akan terjadi pada Anda. Jadi, kurangi konsumsi gula sekarang juga. Anda menjadi tidak bersemangat dalam beraktivitas sehari-hari. Selain itu, jika dibiarkan terus-menerus, keadaan ini akan membuat Anda kesusahan dalam melakukan pekerjaan yang wajib Anda selesaikan. Mulai dari sekarang, batasi konsumsi gula Anda.

Baca Juga 5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Alami

#Kulit Berjerawat

Anda berjerawat? Mungkin hal ini bisa terjadi karena banyaknya gula yang Anda konsumsi. Coba tengok keadaan wajah Anda. Mungkin jerawat itu bisa muncul karena Anda mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Kurangi konsumsi gula agar jerawat yang meradang bisa menghilang.

#Berat Badan Naik

Baca Juga Perhatikan 7 Langkah Untuk Menjadikan Hidup Sehat

Tentu berat badan Anda akan bertambah jika Anda mengonsumsi gula secara berlebihan. Gula juga mengandung banyak kalori yang tidak terlalu dibutuhkan oleh tubuh. Gula juga memicu pelepasan insulin, yaitu suatu hormon yang berperan penting dalam mengatur berat badan. Saat Anda memakan gula, pankreas akan melepaskan insulin yang kemudian membawa gula tersebut ke organ-organ lain agar bisa digunakan sebagai energi. Namun, saat  jumlah gula yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak, tubuh akan memerintahkan produksi insulin yang lebih banyak dan kelebihan insulin akan mengakibatkan resistensi insulin. Keadaan dimana tumbuh tidak bisa lagi merespon jumlah insulin dengan benar. Akibatnya  gula tidak bisa langsung digunakan sebagai energi. Selanjutnya akan terjadi penumpukan kalori dan gula, yang disimpan menjadi sel-sel lemak. Selain lemak berlebih, juga berpotensi memicu diabetes.

Nah itulah tadi 8 efek yang diakibatkan oleh banyaknya konsumsi gula. Gula memang enak dan menyenangkan, namun dibalik itu semua terdapat dampak yang kurang baik bagi kesehaan kita. Tentu jika dikonsumsi secara wajar, hal ini tidak akan berdampak apapun. Konsumsi gula yang dianjukan oleh banyak dokter tidak lebih dari 2 sendok maka. Untuk itu, teliti lagi seberapa banyak kita mengonsumsi gula setiap harinya. Jika lebih dari itu, kurangi sekarang juga. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat terima kasih.

Bagikan ke social media

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Kualitas dari hidup anda adalah kualitas dari komunikasi anda.

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar