Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengkonsumsi Buah

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengkonsumsi Buah
Mengkonsumsi Buah

Mengonsumsi buah dan sayur adalah salah satu cara untuk menjaga agar kita selalu sehat. Banyaknya jenis buah membuat kita mudah dan senang saat mengonsumsinya. Namun, banyak yang tak tahu kalau buah tidak bisa dimakan sembarangan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi buah. Hal ini antara lain:


#Buah Bukan Makanan Utama

Memang, buah banyak mengandung vitamin dan berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh lainnya. Namun, kita juga perlu mengonsumsi makanan lain agar tubuh bisa sehat dan terpenuhi semua nutrisinya.

#Waktu Terbaik Memakan Buah

Banyak yang beranggapan jika buah merupakan makanan pencuci mulut. Hal ini pun sering kita temui di berbagai acara besar atau pada saat menghadiri undangan pernikahan. Padahal aktivitas ini salah besar. Buah sebaiknya dimakan sebelum makan besar. Atau setidaknya setengah jam sebelum makan pokok. Kalau pun ingin memakannya setelah menyantap hidangan pokok, tunggu hingga dua atau tiga jam setelahnya. Hal ini karena jika kita memakannya bersamaan, akan terjadi pembusukan di dalam usus kita. Mengonsumsi buah yang baik adalah di pagi hari saat berbagai makanan belum kita makan.

Baca Juga : 9 Makanan yang Bisa Membuat Gigi Menjadi Putih

#Mencuci Buah Sebelum Dimakan

Mencuci buah sebelum dimakan sangat diharuskan bagi kita semua. Kita tahu, bahwa buah yang sampai ke tangan kita telah melalui proses panjang. Mulai dari pemupukan, pemanenan, dan pendistribusian yang tidak bisa dihindarkan. Untuk menghilangkan berbagai bakteri yang menempel pada buah, perlu dicuci dengan air yang mengalir.

#Makan Buah dengan Mengunyah

Banyak diantara kita yang lebih menyukai jus buah daripada buah itu sendiri. Menurut sebagian orang, buah yang telah dijus dan ditambahkan gula, susu, dan air ini lebih nikmat jika dibandingkan buah segar. Padahal dengan menjadikannya jus buah, banyak vitamin atau zat penting yang rusak akibat proses pengejusan. Untuk itu makan buah dengan mengunyahnya lebih baik daripada mengejusnya. Kunyah dengan perlahan dan rasakan kenikmatannya.

Baca Juga Perhatikan 7 Langkah Untuk Menjadikan Hidup Sehat

#Buah Sebagai Sarana Diet

Bagi kebanyakan wanita, menjalankan diet dengan hanya mengonsumsi buah saja adalah hal biasa. Menurut mereka, buah mampu menurunkan berat badan berlebih pada dirinya. Mengonsumsi buah yang beragam setiap harinya mampu membuat tubuh wanita terlihat leih langsing dan ideal. Hal inilah yang membuat wanita hanya mengonsumsi buah saja setiap harinya. Padahal, saat diet kita juga perlu mengonsumsi makanan lainnya. Tentu dengan porsi yang sewajarnya. Serta perbanyak minum air putih.

#Mengonsumsi Beragam Jenis Buah

Buah memiliki jenis, warna, manfaat, dan juga kandungan yang beragam. Setiap negara memiliki buah khas tersendiri. Di Indonesia saja ada banyak buah yang tergolong buah musiman. Misalnya, mangga, durian, rambutan, jambu, buah naga dan jenis-jenis lainnya. Kita dianjurkan untuk mengonsumsi buah dengan porsi dan jenis yang beragam. Tidak hanya buah itu-itu saja. Tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi buah. Tak harus makan buah impor yang harganya mahal dan lebih enak. Bisa juga dengan mengonsumsi buah lokal yang murah dan udah di dapat.

Baca Juga : Apa Saja Sih Makanan Yang Dapat Mencegah Jerawat

Mengonsumsi buah segar dan matang sangatlah menyenangkan. Selain untuk kesehatan, buah juga dapat dijadikan alternatif pengobatan. Banyak beragam penyakit yang bisa disembuhkan dengan buah-buahan tertentu. Tentu hal ini harus disesuaikan dengan penyakit yang sedang diderita. Nah, untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit, ada baiknya jika Anda segera beralih dan memperbaiki pola makan. Masukkan buah dalam makanan harian Anda. Jangan lupa perhatikan hal-hal di atas ya. Semoga info tadi bermanfaat. Terima kasih.
Bagikan ke social media

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Kualitas dari hidup anda adalah kualitas dari komunikasi anda.

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar