Penyebab dari Gigi Berlubang dan Solusinya

Penyebab dari Gigi Berlubang dan Solusinya
Penyebab dari Gigi Berlubang dan Solusinya

Gigi merupakan salah satu organ mulut yang sangat berperan penting bagi kesehatan manusia.  Setiap hari gigi bekerja tanpa henti, yaitu mengunyah makanan kita setiap harinya. Tak heran jika terkadang ada masalah pada gigi. Terutama masalah gigi berlubang. Untuk itu perlu Anda ketahui penyebab dan solusinya. Berikut ini penyebab gigi berlubang.

#1. Konsumsi makanan manis yang berlebihan

Gigi berlubang bisa teradi karena konsumsi makanan manis yang berlebihan. Seperti coklat, gula, permen, kue, dan juga berbagai makanan lainnya.

#2. Kerusakan pada gigi

Kerusakan pada gigi dapat membuat gigi berlubang. Kerusakan ini bisa terjadi karena adanya bakteri yang merusak permukaan yang keras (enamel) gigi Anda. Kerusakan ini  kemudian menjadi berkembang pada lapisan gigi yang lebih dalam. Berikut ini proses kerusakan gigi yang

Baca Juga 9 Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Ampuh

#4. mengakiatkan gigi Anda berlubang


  • Bentuk plak. 

Pada mulut manusia terdapat beberapa bagian tubuh lainnya. Seperti lidah dan juga gigi. Tentu di dalamnya tak dapat dihidarkan dari bakteri yang menyerang gigi dan mulut. Terlebih lagi banyak makanan yang masuk melalui mulut. Bakteri tersebut berkembang pada makanan dan minuman yang mengandung gula, atau yang biasa disebut fermentasi karbohidrat. Saat gula ini tidak dibersihkan dari gigi, maka akan dimakan oleh bakteri yang juga memproduksi asam. Bakteri, asam, partikel makanan dan air liur kemudian membentuk menjadi plak gigi. Yaitu seperti selaput lengket yang melapisi gigi.


  • Serangan plak. 

Asam yang terdapat dalam plak menghapus mineral pada gigi Anda yang keras, yaitu enamel luar. Pengikisan ini menyebabkan bukaan yang kecil atau lubang dalam enamel, inilah tahap pertama efek gigi berlubang. Setelah lapisan itu menghilang, bakteri dan asam dapat mencapai lapisan berikutnya dalam gigi Anda, hal ini disebut dentin gigi. Lapisan ini lebih lembut dan juga kurang tahan terhadap asam daripada enamel.

Baca Juga : 9 Makanan yang Bisa Membuat Gigi Menjadi Putih


  • Kerusakan berlanjut. 

Setelah terjadi serangan plak, bakteri dan asam melanjutkan perjalanan mereka melalui gigi Anda. bakteri bergerak di gigi bagian dalam (pulpa) yang berisi saraf dan pembuluh darah. Kemudian pulpa menjadi bengkak dan menyakitkan. Hal ini akan mempengaruhi tulang pendukung gigi Anda. Ketika pembusukan sampai sejauh ini, Anda bisa mengalami sakit gigi berlubang yang parah, gigi menjadi sensitif, adanya nyeri saat menggigit ataupun gejala sakit lainnya. Tubuh Anda juga dapat menanggapi serangan bakteri gigi ini dengan mengirim sel-sel darah putih untuk melawan infeksi. Hal ini dapat mengakibatkan abses gigi.

Dari beberapa penyebab gigi berlubang di atas, solusi untuk mengobatinya adalah sebagai berikut.


1) Tambal gigi berlubang.

Salah satu cara mengobati gigi berlubang adalah dengan menambalnya. Menambal gigi berlubang adalah pengisian materi yang menggantikan gigi Anda pada area yang berlubang setelah kerusakan menjadi permanen. Tambalan gigi ini biasa disebut restorasi. Restorasi sendiri merpakan pilihan pengobatan gigi berlubang yang utama saat pembusukan telah melampaui tahap enamel, kerusakan awal. Pengobatan ini harus dengan penanganan dokter gigi.

2) Mahkota gigi.

Baca Juga 5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Alami

Jika gigi yang berlubang cukup parah, Anda mungkin perlu sebuah mahkota gigi. Mahkota gigi adalah penutup kustom dipasang yang menggantikan seluruh mahkota gigi alami Anda.

3) Mencabut gigi berlubang.

Gigi yang berlubang dan tidak segera diobati, akan mengaami pembusukan dan mengganggu Anda. Jika sudah seperti ini, makajalan satu-satunya adalah mencabutya. Tentu hal ini juga harus Anda konsultasikan dengan dokter Anda. Selanjutnya, Anda bisa memasang gigi palsu jika Anda masih membutuhkan gigi pada bagian yang dicabut.

Selain itu sering membersihkan gigi di sela-sela gigi akan menghindarkan Anda dari gigi berlubang. Ada baiknya juga dengan membatasi mengonsumsi  makanan yang menyebabkan gigi berlubang. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Bagikan ke social media

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Kualitas dari hidup anda adalah kualitas dari komunikasi anda.

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar