Bongkar Rahasia Riset Keyword Agar Menjadi SEO

Bongkar Rahasia Riset Keyword Agar Menjadi SEO
Riset Keyword

Keyword adalah salah satu kunci sukses sebagai elemen penting dalam search engine optimization (SEO). Keyword yang digunakan dan tepat sasaran dapat menjadi kunci sukses dalam program artikel seo maupun template yang digunakan agar menjadi teroptimasi dengan mesin pencari terbesar yang satu ini ialah google. Keyword juga bisa di artikan sebagai kata atau gabungan dari kata atau beberapa kata menjadi suatu kalimat pendek yang mewakili suatu aktivitas pencaria di mesin pencari.

Sementara Keyword yang dimiliki oleh pemilik situs bagaikan identitas yang mewakili keberadaan situs di dunia maya agar mudah ditemukan oleh para pencari informasi atau yang biasa disebut visitor. Agar sebuah situs dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari dengan mudah oleh para visitor.


A) Melakukan Riset Keyword Pada Artikel

Pada pembahasan sebelumnya saya sudah melakukan satu postingan pada Tingkatkan CPC Adsense Menggunakan High Paying Keyword (HPK). Tapi pada pembahasan kali ini saya akan melanjutkannya agar menjadi lebih terperinci. Sebelum melakukan optimasi, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan keyword yang ingin kamu gunakan untuk menjaring para visitor pada mesin pencarian (Search Engine). Pemilihan keyword juga sangat penting, meski situs yang kamu punya nantinya bisa masuk dalam urutan 1 sampai 20, namun jika keyword yang dibidik tak sesuai dengan isi situs yang kamu kelola akan sangat mustahil untuk mendapatkan peringkat tersebut.

Oleh karena itu, kamu harus memilih keyword yang tepat agar hasil yang kamu dapat menjadi lebih optimal. 

B) Riset Keyword Dengan Google Adwords

Cara melakukan riset keyword yang sangat umum adalah dengan Google Adwords atau Google Keyword Planner. Kesalahan dari para author situs dalam praktisi SEO adalah membidik keyword yang sudah popular. Itu memang suatu target ideal, namun sebagai situs yang baru kamu buat dan bersaing dalam mesin pencarian, kamu juga harus perlu memperhitungkan semuanya agar dapat bersaing. Maka dari itu kamu juga harus dapat mengkombinasikan antara keyword global dengan keyword tertarget.

Langkah-langkah riset keyword dengan google keyword planner.
  1. Kunjungi situs Google Adwords
  2. Login menggunakan akun gmail yang kamu miliki
  3. Pilih menu alat (tools)
  4. Pilih keyword
  5. Kamu akan menuju dalam dashboard keyword planner dan akan menuju dalam halaman pencarian keyword
  6. Silahkan masukan keyword yang ingin kamu bidik dalam mesin pencarian
  7. kemudian klik Dapatka ide atau Get ideas
Dengan menggunakan tools ini kamu bisa melihat posisi keyword dan juga berbagai macam keyword.

Baca Juga : Bongkar Daftar High Paying Keyword Indonesia Terbaru 


C) Jenis - Jenis Tentang Keyword Yang Perlu Di Perhatikan

#1 Keyword Dengan Tertarget

Keyword tertarget yaitu keyword yang spesifik. Biasanya, keyword jenis ini yang paling sering digunakan untuk mendatangkan pengunjung yang potensial karena pengunjung yang datang ke website adalah benar-benar pengunjung yang membutuhkan layanan jasa atau informasi yang sedang di cari.

#2 Keyword Global

Keyword Global yaitu keyword yang digunakan secara umum. Keyword ini bisa digunakan untuk toko online yang memberikan banyak layanan kategori produk, misalnya penjualan buku. Banyak sekali jenis buku, maka untuk menjaring pengunjung diberikanlah keyword web desain, interior, parfum, toko online, handy craft dan lainnya.

Penggunaan keyword global relatif sulit untuk masuk pada urutan atas hasil pencarian, mengingat banyak sekali yang menggunakannya. Masing-masing website berharap dapat menjaring para visitor sebanyak-banyaknya melalui penggunaan keyword global ini, sehingga jumlah kompetitor semakin banyak dan ketat.

#3 Keyword Utama

Keyword utama adalah keyword yang diletakkan pada meta tag untuk halaman utama website, seperti pada penempatan homepage. Keyword ini merupakan keyword yang paling mewakili website kamu, gunakanlah keyword ini dengan perpaduan antara keyword global dan tertarget. Jangan membidik keyword yang sulit terlebih dahulu, bidiklah keyword yang relatif mudah.

Intinya masuk dahulu ke dalam pencarian google, nanti kamu bisamembuat website lain atau memvariasikan keyword lewat artikel SEO dan lainnya.

#4 Keyword Sekunder Untuk Sub Halaman

Keyword sekunder adalah keyword yang kamu gunakan dalam meta tag sub-halaman, seperti halaman service, halaman FAQ dan halaman formal lainnya.

Usahakan setiap halaman memiliki keyword yang berbeda-beda, sehingga setiap halaman webiste memiliki kemampuan untuk bersaing di mesin pencarian google. keyword yang digunakan tetap gabungan antara keyword global dan tertarget.

Dari pembahasan di atas sudah saya jelaskan sedikitnya tentang keyword yang di gunakan untuk suatu website yang anda buat agar menjadi tertarget. Jika ada pertanyaan serta pembahasan yang kurang jelas. Anda bisa meninggalkan pertanyaan di kolom komentar yang telah saya sediakan di setiap artikel pada situs ini.
Bagikan ke social media

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Kualitas dari hidup anda adalah kualitas dari komunikasi anda.

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar