10 Tanda Tubuh Kita Kurang Sehat

10 Tanda Tubuh Kita Kurang Sehat
10 Tanda Tubuh Kita Kurang Sehat

Setiap orang pasti menginginkan tubuhnya sehat bugar tanpa ada sakit sedikitpun. Namun terkadang, cuaca yang kurang bersahabat dan aktivitas yang padat membuat kita jadi kurang sehat. Keadaan ini bisa terlihat dari kondisi fisik maupun psikis kita. Untuk itu, kenalilah 10 tanda yang dapat kita ketahui saat tubuh kita kurang sehat.

1. Sesak napas

Salah satu tanda tubuh kita kurang sehat adalah sesak napas. Pernahkah Anda mengalami ngos -ngosan dan nafas tidak teratur saat naik turun tangga? Mungkin jika sesekali saja, hal itu bisa dianggap biasa. Tapi jika sampai beberapa hari, Anda perlu waspada dan segera pergi ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya. Bisa jadi ada gangguan pernapasan yang perlu segera diobati.

2. Bibir pecah-pecah

Tak sedikit orang yang meremehkan keadaan ini. Bibir pecah-pecah dianggapnya wajar saat cuaca tak menentu. Nyatanya hal ini bisa terjadi karena kekurangan vitamin B12. Akibatnya, penyakit yang disebabkan kurangnya vitamin B12  seperti anemia akan mudah menyerang kita. Untuk menghindarinya, ada baiknya kita mengonsumsi daging, telur, susu serta  suplemen vitamin B12 agar tubuh kita sehat.
3. Flu atau Pilek

Flu atau yang biasa disebut pilek ini termasuk tanda-tanda yang sering dialami banyak orang. Pada keadaan ini, tubuh kita sudah mulai lemah. Sistem kekebalan tubuh pun terasa terganggu. Keadaan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Diantaranya kurangnya vitamin C, virus influenza, bahkan debu atau polusi udara yang setiap hari kita temui. 

4. Urine kuning

Pernahkah Anda memperhatikan warna urin Anda? Jika belum, Anda perlu memperhatiannya. Pasalnya, warna air seni yang biasa kita buang dapat mengidentifikasi berbagai penyakit yang menyerang kita. Tak heran jika banyak tes kesehatan yang melibatkan urin. Hal ini dikarenakan urin sebagai indikator atau tanda yang akurat untuk mengetahui kesehatan seseorang secara umum. Warna urin yang sehat adalah jernih. Jika warnanya kuning pekat, maka ada masalah pada organ ginjal Anda. Untuk itu, Anda perlu banyak mengonsumsi air putih. Minimal delapan gelas setiap harinya. 

5. Kelelahan

Saat aktivitas yang padat kita jalani, rasa lemas dan lelah akan menghampiri kita. Namun, pernahkah Anda merasa kelelahan tetapi tidak beraktivtas seharian? Jika iya, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Itu berarti ada masalah tiroid dalam diri Anda.

6. Mendengkur
Mendengkur seringkali dianggap biasa dan lumrah di mata masyarakat. Padahal keadaan ini cukup serius. Hal ini berkaitan erat dengan kondisi sleep apnea atau gangguan tidur yang terjadi ketika ada obstruksi pada saluran napas. Mendengkur juga dapat meningkatkan risiko hipertensi pulmonal dan menyebabkan gagal jantung.

7. Masalah kulit

Masalah kulit seperti jerawat mungkin biasa jika terjadi sesekali. Namun, jika jerawat berlebih dan tidak kunjung membaik, hal ini mungkin karena adanya penyakit dalam diri Anda. Stress dan polusi udara bisa jadi penyebabnya.

8. Nyeri sendi

Nyeri sendi bisa terjadi pad siaapun. Hal ini bisa dikarenakan kurangnya aktivitas fisik  dan terlalu banyak duduk. Untuk itu mulailah berolahraga dari sekarang.

9. Pola tidur berubah

Pola tidur yang tidak teratur dapat mempengaruhi kesehatan kita. Pola tidur yang berubah menandakan tubuh kita kurang sehat.

10. Kulit gatal

Tanda tubuh kita yang kurang sehat lainnya adalah kulit gatal. Kulit yang gatal secara terus-menerus dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Untuk itu segera konsultasikan ke dokter dan obati sesuai dengan anjuran dokter.
Nah, 10 tanda tersebut dapat kita ketahui saat tubuh kita kurang sehat. Menjaga pola makan, berolahraga yang teratur, dan tidak stress adalah kunci untuk sehat. Siap untuk sehat?

Bagikan ke social media

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Kualitas dari hidup anda adalah kualitas dari komunikasi anda.

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar